Penyebab Jerawat dan Cara yang Mudah dan Efektif Mengobati Jerawat

Pada awal segmen 2 dari episode 21 Desember 2013 Dr. Ryan Thamrin menjelaskan beberapa pertanyaan mengenai bagaimana cara yang mudah dan efektif untuk mengobati jerawat di wajah. Ternyata tidak ada cara termudah untuk masalah jerawat, karena jerawat itu bermacam macam dan jenis kulit pun juga berbeda beda.

Dalam segmen ini juga mengundang dr. Fahmi Rizal Ap.KK seorang dokter spesialis kulit dan kelamin RS HERMINA Grand Wisata. Beliau menjelaskan faktor yang menyebabkan jerawat menahun pada orang dewasa yang mungkin tidak lumrah karena sudah melewati masa puber. Bukan masalah hormon androgen saja tapi juga multifaktor. Faktornya antara lain adalah faktor kebersihan, kemudian kosmetik yang dipakai, sering mengganti jenis kosmetik karena korban iklan atau faktor stres dan faktor genetik.


Kemudian Dwi Andhika bercerita tentang pengalamannya dengan beberapa produk perawatan kulit yang tidak berhasil menghilangkan jerawatnya. Malah dia berusaha tidak menggunakan produk yang berbahan kimia untuk perawatan wajahnya. Dan hasilnya jerawatnya hilang dengan sendirinya. Untuk kasus Dwi andika ini kemudian dr. Ryan memprediksi bahwa kulit Dwi Andhika adalah kulit yang sensitif pada bahan kimia.
Faktor keturunan atau genetik diturunkan melalui kelenjar minyak pada orang tua. Faktor makanan menurut dokter Fahmi  masih menjadi bahan perdebatan dan kontroversi. Jika pasien mengaku setelah mengurangi makanan tertentu bisa mengurangi jerawat makan itu bisa diteruskan. Tapi jika di jumpai pasien yang melakukan diet makanan tapi tidak berhasil mengurangi jerawat maka tidak diperlukan diet.

Dr. Ryan menambahkan bahwa respon setiap orang memang berbeda beda terhadap makanan berminyak, sehingga setiap individu harus mampu mencermatinya. Dr. Fahmi menambahkan jika ingin membersihkan wajah berjerawat dengan air dingin, atau air hangat yang kemudian dibilas dengan air dingin agar pori pori tertutup kembali. Untuk penggunaan sabun maka harus menggunakan sabun yang khusus digunakan untuk wajah berjerawat misalnya yang mengandung sulfur.

Pasca pengobatan jerawat biasanya akan timbul flek hitam atau bekas jerawat yang sulit dihilangkan. Untuk itu diperlukan beberapa tindakan diantaranya dengan topikal atau dioles dengan cream pada malam hari, menggunakan tabir surya pada siang hari karena flek juga bisa terjadi karena paparan sinar matahari, atau dengan bahan kimia mikrodermabrasi, dan sebaiknya dilakukan di klinik.

Dan tipe jerawat ada yang ringan, sedang dan berat. Untuk jerawat ringan bisa dilakukan dengan topikal saja sudah cukup, apabila sudah ada perbaikan bisa dihentikan penggunaannya. Untuk kasus jerawat sedang dan berat dengan penanganan dengan oral atau pil makan bisa dilakukan dengan waktu tertentu 1 bulan sampai 3 bulan.

Dokter Ryan bertanya tentang ada tidaknya pengaruh pil KB terhadap timbulnya jerawat, kemudian dr. Fahmi menjawab belum dijumpai kasus seperti itu, namun jika karena obat oral tertentu biasanya bukan jerawat tapi menyerupai jerawat.  Kemudian dr. ryan memberikan masukan jika ingin berobat jerawat maka sebaiknya memberi tahu dokter tentang obat apa yang akhir akhir ini diminum. Sehingga penanganannya menjadi lebih baik.

0 Response to "Penyebab Jerawat dan Cara yang Mudah dan Efektif Mengobati Jerawat"

Posting Komentar

wdcfawqafwef