Misteri Angin Duduk atau Angina Pectoris

Pada segmen 1  dari episode 21 Desember 2013 Dr. Oz Indonesia, dr. Ryan thamrin bersama dengan bintang tamu Dwi Andhika menjelaskan tentang Penyebab angin duduk atau angina pectoris yaitu penyumbatan pembuluh darah koroner yang menyebabkan suplai ke otot jantung berkurang, sehingga menjadi pencetus terjadinya jantung koroner. Atau sering disebut Aterosklerosis yaitu adalah peradangan pada pembuluh darah yang disebabkan oleh penumpukan plak atau lemak.

Pada segmen ini  juga mengundang dr. Beny Hartono Sp. JP seorang dokter spesialis jantung RS BINAWALUYA.  Dokter beny menjelaskan bahwa istilah angin duduk tidak ada dalam dunia kedokteran. Angin duduk dalam dunia kedokteran secara umum di sebut penyakit jantung koroner atau serangan jantung atau istilah lainnya adalah sindroma koroner akut. 

Dan gejala angina pektoris yaitu nyeri  dada yang hebat sekali, seperti ditusuk, tertekan, keringat dingin biasanya 15 sampai 30 menit, kadang di sertai mual muntah ada yang mungkin sampai pingsan tidak sadarkan diri.

Selanjutnya dokter menjelaskan kenapa seorang yang terkena serangan jantung bisa meninggal secara mendadak. Perjalanan alamiahnya, jika seseorang terkena serangan jantung maka 50 persen akan meninggal dalam bulan pertama, 25 persen akan meninggal dalam 2 jam pertama. Kematian mendadak terjadi karena terjadi sumbatan secara tiba tiba pada pembuluh koroner yang menyalurkan darah ke otot jantung. Sehingga otot jantung juga secara tiba tiba juga berhenti bekerja dan tidak mampu memompa.

 Penyebab kematian mendadak yang kedua adalah karena suplai darah terganggu maka listrik pada jantung juga terganggu sehiggga jantung tidak memompa dan hanya bergetar. Dan akibat fungsi jantung yang terganggu maka tidak ada suplai darah ke otak atau organ organ penting lainnya.

Apa yang harus dilakukan pada serangan pertama pada orang yang terkena serangan jantung.
1.    Harus tenang
2.    Di dudukkan atau disandarkan
3.    Kalau ada kotak p3k dan ada nitroglycerin bisa kita kasih di bawah lidah
4.    Jika ada obat pengencer darah seperti aspirin bisa diberikan saat itu juga.

Pencegahan agar tidak terkena angin duduk harus dimulai sejak dini yaitu:
1.    Asupan makanan harus rendah lemak, rendah gula, rendah garam.
2.    Harus ada aktivitas fisik/ olahraga teratur seminggu 3 sampai 5 kali.
3.    Kontrol faktor resiko misal ada hipertensi atau gak, ada diabetes atau gak, ada kolesterol tinggi gak.
4.    Stop merokok.

Yang terakhir apapun penyakitnya itu bisa dicegah tergantung pada bagaimana kita menerapkan gaya hidup dan pola makan yang sehat. Segmen berikutnya adalah tentang cara menghilangkan jerawat baru.

0 Response to "Misteri Angin Duduk atau Angina Pectoris"

Posting Komentar

wdcfawqafwef