Usus Meledak Akibat BAB Tidak Normal

Dr Oz Indonesia segmen 2  5 Januari 2014 membahas tentang Usus Meledak Akibat BAB Tidak Normal. Setiap makan maka pastilah kemudian makanan itu dicerna oleh usus dan kemudian dibuang menjadi kotoran atau feces. Apa yang akan terjadi apabila kemudian sembelit selama seminggu dan tidak ada yang dibuang dan kita tetap makan terus. Maka bisa jadi usus kita meledak. Apalagi saat kita makan tidak makan serat sedikitpun maka akan terjadi sembelit berkepanjangan. Perut menjadi sakit, kembung, susah nafas dan akibat terhebatnya adalah usus menjadi bocor dan bisa mengkontaminasi perut kita.

Hal ini pernah terjadi pada Gabriella yang menjadi bintang tamu pada segmen Usus Meledak Akibat BAB Tidak Normal tersebut. Dia bercerita pada saat SMP sampai SMA dia sering sekali memakan makanan yang instan.
Dia mengalami sakit parah di bagian kiri perut yang dia kira sakit maag. Dia sudah memeriksakan ke tiga dokter  yang berbeda dengan hasil diagnosa sakit maag biasa. Karena sakit yang hebat maka Gabriella memeriksakan keluhannya ke rumah sakit. Kemudian dilakukan USG dengan hasil yang mengagetkan bahwa ususnya sudah bolong dan bernanah. 


Kemudian dokter menyarankan harus cepat cepat dilakukan operasi. Saat perut terbuka maka kata dokter kotoran sudah menginfeksi  perut, kemudian usus yang terinfeksi dipotong 20 cm. Gabriella harus menggunakan colostomy bag selama 2 bulan setelah operasi. Dan hal ini membuat dia tidak nyaman dan sangat mengganggu aktivitasnya.

Ikut diundang pula dr. Ryanto Sitepu SpB-KBD  seorang dokter spesialis bedah dan konsultan bedah digestif yang telah melakukan tindakan operasi terhadap Gabriella. Diagnosa awal dari dokter adalah Gabriella terkena Peritonitis. Peritonitis adalah peradangan pada lapisan tipis dari jaringan yang melapisi organ perut. Ini akibat dari telah terkontaminasinya isi usus ke peritonium, sementara kondisi peritonium sendiri harus bersih/ steril. Dengan kondisi tersebut apapun penyebabnya maka harus segera dilakukan tindakan pembedahan buka perut (laparotomy). 

Saat dibuka perut Gabriella penuh berisi feces kotoran yang seharusnya berada di dalam usus dan di beberapa daerah yang sudah menjadi nanah atau abses. 

Ibu Gabriella juga diundang untuk memberikan penjelasan tentang keluhan keluhan sebelum terjadi tindakan operasi. Sejak kecil Gabriella memang kurang lancar saat buang air bisa seminggu sekali bahkan pernah 2 minggu sekali. Sejak kecil Gabriella juga sering makan mie instan.

Penyebab dari Usus Meledak Akibat BAB Tidak Normal ini menurut  dr. ryanto adalah pola makan yang kurang sehat, dan harus ada komponen serat pada setiap kita makan. Kemudian tak kalah pentingnya adalah masukan dari Gabriella adalah Kalau ada keluhan penyakit apa saja jangan menunggu sampai parah baru diperiksakan ke dokter. Segmen selanjutnya adalah bahasan tentang Penyebab Nyeri Pinggang.

0 Response to "Usus Meledak Akibat BAB Tidak Normal"

Posting Komentar

wdcfawqafwef